Langsung ke konten utama

Kenali Pemrograman Mikro.

Apa sih yang terlintas di pikiran kita begitu mendengar kata pemrograman mikro ? terdengar asing sekali mungkin di telinga teman teman semua, jadi pemrograman mikro itu adalah Unit Kendali Logika atau Control Logic Unit adalah bagian yang mengatur seluruh aktivitas perangkat keras di dalam komputer. CLU menyebabkan suatu instruksi dapat diambil dari memori, memberi kode pada instruksi tersebut untuk menentukan operasi yang akan dilaksanakan, menentukan sumber dan tujuan data, dan menyebabkan perpindahan data dan eksekusi operasi yang diperlukan. CLU menjalankan seluruh proses sampai sebuah operasi HALT secara tiba-tiba masuk ke dalam program dan dieksekusi.

Kode instruksi bersama data, tersimpan di dalam memori. Sebuah instruksi merupakan entitas kompleks yang pelaksanaannya tidak dapat diselesaikan dalam satu waktu/putaran. Karena itu setelah menginterpretasikan kode biner suatu instruksi, CLU menghasilkan serangkaian perintah kendali yang disebut sebagai instruksi-mikro (microinstruction) yang menjalankan instruksi tersebut. Untuk membedakan sebuah instruksi dan sebuah instruksi-micro, seringkali instruksi-instruksi disebut sebagai instruksi-makro (macroinstruction).

Durasi siklus eksekusi tergantung pada jenis operasi yang akan dikerjakan, mode pengalamatan data yang digunakan dan jumlah operand yang diperlukan. CLU mengerjakannya dengan membagi setiap siklus instruksi menjadi serangkaian keadaan (state), setiap state mempunyai panjang yang sama dan durasi setiap state sama dengan periode clock/siklus komputer.


Pemrograman mikro adalah proses penerjemahan dan eksekusi dari setiap instruksi prosesor menjadi urutan instruksi yang lebih kecil mikro. Ini untuk mengatakan bahwa mikro-program adalah proses penulisan kode mikro untuk prosesor-mikro. Ini mendefinisikan fungsi prosesor-mikro sambil mengeksekusi instruksi mesin-bahasa. Juga dikenal sebagai mikro-coding, konsep pemrograman mikro pertama kali dikembangkan pada tahun 1951 oleh Maurice Wilkes. Ini adalah teknik yang digunakan dalam menerapkan sebuah Unit Kontrol. Micro-kode atau mikro-program dikembangkan sebagai instruksi set CPU. Dengan demikian, insinyur desain CPU menulis mikro-program untuk mengimplementasikan set instruksi mesin. 

Dalam proses pengembangan produk perangkat lunak, ini-kode mikro dapat ditulis atau diubah beberapa kali bahkan selama tahap desain nanti. fleksibilitas seperti di affords mikro-program besar kebebasan untuk merancang insinyur untuk mengubah dan / atau datang dengan set instruksi yang lebih kompleks dan dengan demikian sebagian besar memfasilitasi desain CPU fleksibel. Pada beberapa komputer, mikro-kode yang disimpan dalam ROM dan karenanya tidak dapat dimodifikasi. Tapi di komputer yang lebih besar, mereka disimpan dalam EPROM dan, dengan demikian, dapat digantikan dengan versi segar atau yang lebih baru. Konsep pemrograman mikro juga digunakan dalam pengembangan perangkat lunak online.

Kendali microprogrammed menawarkan suatu pendekatan yang lebih terstruktur untuk merancang unit kendali logika (CLU) dibandingkan dengan kendali hard-wired.

  1. Rancangan microprogrammed relative mudah diubah-ubah dan dibetulkan
  2. Menyediakan kemampuan diagnostic yang lebih baik dan lebih dapat diandalkan daripada rancangan hard-wired
  3. Utilisasi memori utama dalam computer microprogrammed biasanya lebih baik Karena perangkat lunak yang seharusnya menggunakan ruang memori utama justru ditempatkan pada memori kendali
  4. Pengembangan ROM lebih lanjut(dalam kaitan dengan harga dan waktu akses) secara lebih jauh justru menguatkan posisi dominant pemrograman mikro, salah satunya dengan menyertakan unit memori ketiga disebut sebagai nano-memory (tambahan bagi memori utama dan memori kendali). Dalam mengerjakan hal ini, mungkin terjadi pertukaran (trade-off) yang menarik antara pemrograman mikro horisontal dan vertikal
Sumber:
http://kevinwarendra.blogspot.co.id/2016/06/apa-itu-pemrograman-mikro.html
http://priohimawan.blogspot.co.id/2014/01/pemrograman-mikro.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cisco Part #1 Pembuatan Rangkaian Jaringan Sederhana

Okey kali ini kita akan belajar membuat sebuah rancangan jaringan sederhana menggunakan Cisco tentunya teman teman perlu untuk menginstall aplikasinya dulu yaitu : Cisco packet tracer Setelah teman teman sudah menginstall aplikasi tersebut selanjutnya kita akan melakukan pembuatan rancangan jaringannya : Buka aplikasi Cisco lalu buat rancangan jaringan seperti gambar dibawah ini, kita perlu dua router 1841, dua server, dua switch 2950-24, enam komputer dan empat laptop. Selanjutnya kita hubungkan device tadi dengan kabel sebagai penghubungnya. Klik pada router dan pilih fastethernet 0 dan 1 lalu centang prot status menjadi on. Maka jaringan komputer akan tersambung semuanya. Okey mungkin itu saja tutorial kali ini semoga bermanfaat.    

Praktikum Jaringan Komputer 1

Pada praktikum pertama ini saya mempelajari mengenai cara melakukan perangkaian kabel yang biasa digunakan dalam jaringan computer.peralatan yang kita butuhkan diantaranya adalah : RJ-45 Kabel UTP Tang Crimping Okey setelah peralatan yang kita perlukan sudah terkumpul saatnya melakukan perakitan silahkan simak langkah langkah berikut ini. Pertama kita buka kulit kabel menggunakan pisau khusus yang ada pada tang crimping. hasilnya akan menjadi seperti gambar dibawah ini. akan ada kabel kabel kecil berbagai warna.   Kedua kita rangkai kabel kecil warna warni tadi menjadi rangkaian kabel straight urutan warnanya adalah putih orange, orange, putih hijau, biru, putih biru, hijau, putih coklat, coklat. Ketiga kita masukan kedalam connector RJ-45 kabel yang sudah kita rangkai tadi. hati hati dalam memasukan kabelnya supaya tidak berantakan dan malah menjadi salah urutan. Selanjutnya kita buat kabel untuk rangkaian Cross, langkahnya sama kita buka dulu k...

Tak Kenal Maka Tak Sayang Dengan C#

Pengertian C#   Ketika teman teman mendengar kata C# apa yang timbul dibenak teman teman sekalian ?, mungkin banyak yang belum mengetahui apa itu C#, Jadi C# atau yang dibaca C sharp adalah bahasa pemrograman sederhana yang digunakan untuk tujuan umum, dalam artian bahasa pemrograman ini dapat digunakan untuk berbagai fungsi misalnya untuk pemrograman server-side pada website, membangun aplikasi desktop ataupun mobile, pemrograman game dan sebagainya. Selain itu C# juga bahasa pemrograman yang berorientasi objek, jadi C# juga mengusung konsep objek seperti inheritance, class, polymorphism dan encapsulation. Sejarah C#   Pada akhir dekade 1990-an, Microsoft membuat program Microsoft Visual J++ sebagai sebuah langkah percobaan untuk menggunakan Java di dalam sistem operasi Windows untuk meningkatkan antarmuka dari Microsoft Component Object Model (COM). Akan tetapi, akibat masalah dengan pemegang hak cipta bahasa pemrograman Java, Sun Microsystems, Mic...